9 Kriteria yang Wajib Dimiliki Pegawai Rental Mobil

Gremi Online |
Usaha rental kendaraan beroda empat kelihatan sangat sederhana dan tidak memerlukan pelayanan dari para pegawai. Padahal , setiap perjuangan tentu memerlukan pelayanan untuk pelanggan. Jika pelanggan tidak dilayani dengan manis , tentu saja pelanggan akan merasa jenuh serta merasa diremehkan oleh layanan atau pegawai tersebut. Pelayanan merupakan faktor utama dalam berbisnis , termasuk di perjuangan rental mobil. Berikut inilah kriteria yang wajib dimiliki oleh pegawai rental mobil.


Ramah

Dalam melayani pelanggan , ramah yaitu hal yang paling utama sebab ini berkaitan dengan first impression yang diberikan untuk pelanggan. Pastikan bahwa pegawai tersenyum dikala menyambut pelanggan. Terkadang , sedikit basa basi mirip menanyakan apakah pelanggan sedang berlibur bersama keluarga , dan lainnya pun cukup efektif untuk menarik simpati pelanggan. Tidak lupa , setelah pelanggan final membayar sewa kendaraan beroda empat , tersenyumlah dan ucapkan terima kasih.

Jika pegawai tidak ramah , tentu pelanggan juga akan mencicipi sesuatu yang kurang didalam perjuangan Anda. Coba saja anda pergi ke kawasan dimana pegawainya membisu seribu bahasa dikala ada pelanggan datang. Tentu Anda tidak akan menyukai kelakuan pegawai tersebut. Kelakuan pegawai yang kurang ramah inilah yang terkadang menyebabkan sebuah urusan ekonomi menjadi tidak laku.


Percaya diri

Pelanggan hendak menyewa kendaraan beroda empat , tentu saja pegawai harus memiliki rasa percaya diri dalam menjawab pertanyaan pelanggan. Jangan hingga rasa keraguan tampak muncul di wajah pegawai tersebut. Pelanggan tentu menjadi tidak yakin kalau pegawai Anda pun tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup. Kaprikornus , rasa percaya diri sangat diharapkan untuk memberi rasa yakin pada pelanggan. Namun , rasa percaya diri pun ada batasnya , jangan hingga terlalu percaya diri hingga pelanggan menganggap pegawai tersebut sok tahu.


Kuasai produk

Pelanggan tentu memerlukan sebuah kendaraan beroda empat yang sesuai dengan kebutuhannya. Sebagai pegawai yang baik serta mau memahami impian pelanggan , tentu pegawai tersebut harus menguasai produk yang ada , yaitu mobil. Kenalilah jenis kendaraan beroda empat yang ada di perusahaan , termasuk kelemahan serta kekurangan kendaraan beroda empat tersebut. Sehingga dikala pelanggan bertanya kendaraan beroda empat apa yang kira-kira cocok untuk disewa , Anda mampu merekomendasikan kendaraan beroda empat secara tepat.

Jika memungkinkan , kuasailah mesin yang ada di dalam kendaraan beroda empat tersebut. Terkadang , ada pelanggan yang begitu detail dalam meminta informasi. Bahkan mesin apa yang digunakan , merek kaca apa yang dipakai , dan lain sebagainya mampu saja ditanyakan. Oleh sebab itu , alangkah baiknya kalau pegawai dapat menguasai segala sesuatu wacana kendaraan beroda empat biar tidak kaget dikala ditanya. Jika jawaban pegawai memuaskan , pelanggan tentu akan menjadi lebih yakin dikala mau menyewa mobil.


Hafal mengenai peraturan untuk pelanggan

Selain bertanya seputar kendaraan beroda empat , pelanggan tentu akan bertanya perihal peraturan yang berlaku di dalam perjuangan rental Anda. Sebagai pegawai yang baik , tentu seharusnya hapal mengenai peraturan yang ada. Jelaskan peraturan tersebut hingga pelanggan betul-betul mengerti. Tentu Anda tidak mau kalau pelanggan protes di belakang hanya sebab pelanggan tidak mengerti peraturan yang berlaku semenjak awal.

Peraturan tersebut juga harus tegas dan tidak ambigu biar tidak membingungkan pegawai yang menjelaskan. Contohnya saja , jangan menulis peraturan keterlambatan di denda kira-kira Rp 10.000. Kira-kira disini dapat menjadikan perdebatan dengan pelanggan. Kaprikornus , buatlah peraturan yang benar-benar pasti dan mempunyai satu arti. Pastikan juga pegawai mengerti wacana arti dari masing-masing peraturan yang telah dibuat.


Pintar bernegosiasi

Ketika hendak menyewa kendaraan beroda empat , terkadang ada pelanggan yang suka melaksanakan negosiasi meskipun sudah ada tanda bahwa harga maupun paket tidak mampu di negosiasikan lagi. Ada juga pelanggan yang nego mengenai pemberian data diri sebab lupa membawa KTP dan lain sebagainya. Nah , dalam keadaan mirip ini , pegawai Anda tidak boleh kalah dalam melaksanakan negosiasi tersebut. Jangan hingga sebab didesak oleh pelanggan , pegawai Anda kalah berbicara dan akhirnya merugikan bagi perjuangan rental kendaraan beroda empat Anda.


Selain itu , alangkah baiknya juga pelanggan akil bernegosiasi dalam pemilihan mobil. Misalnya saja , pelanggan menginginkan kendaraan beroda empat avanza , tetapi sedang habis disewa orang. Dalam hal ini , pegawai mampu negosiasi dengan menunjukkan kendaraan beroda empat lainnya kepada pelanggan. Tawarkan kendaraan beroda empat yang serupa meskipun harganya lebih tinggi , sebutkan kelebihan dari kendaraan beroda empat tersebut serta beritahu pelanggan bahwa harganya sangat terjangkau. Jika pegawai akil dalam hal mirip ini , tentu akan sangat menguntungkan bagi perjuangan rental Anda.


Detail

Seorang pegawai rental kendaraan beroda empat juga harus detail dan terperinci. Pelanggan akan menyampaikan kelengkapan data diri mereka sebelum membawa kendaraan beroda empat tersebut pergi. Data diri pelanggan pun harus diperiksa dengan teliti satu per satu. Jangan hingga terdapat data diri palsu ataupun yang sudah kadaluarsa. Cek juga kelengkapan arsip yang telah diberikan oleh pelanggan. Tanyakanlah data yang diberikan kalau kurang terang atau kalau tidak meyakinkan.

Selain memeriksa segala kelengkapan dari pelanggan , informasi yang diberikan untuk pelanggan juga harus detail. Contohnya saja mengenai rincian denda keterlambatan , paket-paket komplemen yang ada , jasa pemakaian sopir , dan lain sebagainya. Jika pegawai mampu menjelaskan secara terperinci , tentu pelanggan tidak akan resah lagi. Pegawai Anda pun akan terlihat sangat meyakinkan di depan pelanggan sehingga pelanggan akan percaya pada perjuangan rental Anda.

Ketika pelanggan mengembalikan kendaraan beroda empat sewa yang telah digunakan , pegawai juga harus selalu memeriksa keadaan mobil. Jangan hingga terjadi kerusakan pada bagian-bagian mobil. Dalam hal ini , pegawai juga memerlukan ketelitian dalam memperhatikan bagian-bagian kendaraan beroda empat tersebut. Periksa setiap sisi dari kendaraan beroda empat tanpa mengganggu kenyamanan dari pelanggan. Pegawai Anda mampu melaksanakan hal ini sambil mengajak pelanggan ngobrol atau dikala pelanggan sedang mengurus pengembalian di kasir.


Rapi

Semakin besar perjuangan rental kendaraan beroda empat yang Anda miliki , maka semakin banyak data pelanggan yang akan didapatkan. Setiap pelanggan pun memiliki tenggang atau batas pinjam yang berbeda-beda. Oleh sebab itu , kerapian dari pelanggan juga diharapkan dalam mengurus arsip pelanggan. Susun sesuai huruf atau sesuai tanggal dapat mempercepat kinerja pegawai Anda dalam melayani pelanggan.


Mau kerja di hari libur

Meskipun pada hari biasa persewaan kendaraan beroda empat juga cukup ramai , namun puncaknya pasti pada hari libur. Di hari libur , banyak orang yang bepergian keluar kota dan memerlukan kendaraan beroda empat untuk dipakai. Kaprikornus , pada hari libur Anda akan memerlukan aneka macam bantuan dari pegawai. Carilah pegawai yang bersedia bekerja khususnya di hari libur. Tentu saja Anda harus memberi mereka intensif komplemen untuk bekerja di hari libur.


Tegas

Ketika pelanggan merusakkan bagian tertentu pada kendaraan beroda empat anda , tentu mereka wajib mengganti rugi kerusakan tersebut. Namun , ada pelanggan yang tidak mau untuk membayar denda tersebut. Oleh sebab itu , ada baiknya kalau pegawai Anda tegas dalam menyampaikan denda serta keputusan pada pelanggan. Tetapi , tegas pun ada batasnya , jangan hingga pegawai Anda berteriak berangasan atau marah-marah terhadap pelanggan.

Itulah tadi beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh pegawai rental mobil. Semoga artikle ini bermanfaat bagi para pembaca dan menyampaikan pandangan baru urusan ekonomi baru bagi Anda.