7 Kiat Sukses Usaha Rental Mobil Ala Eko Sulityo

Gremi Online | Pemuda asal Temanggung yang berjulukan Eko Sulityo telah berhasil meraih kesuksesan dalam hidupnya. Eko mempunyai sebuah usaha rental kendaraan beroda empat yang cukup dikenal di Temanggung. Eko sadar bahwa kebutuhan orang terhadap alat transportasi semakin besar di kota Yogyakarta. Rental kendaraan beroda empat tidak hanya diharapkan ketika perayaan tertentu saja , namun juga di dalam acara sehari-hari. Tidak hanya masyarakat biasa , para perusahaan pun juga membutuhkan rental kendaraan beroda empat untuk banyak sekali keperluan perusahaan.

Usaha rental kendaraan beroda empat ialah sebuah usaha yang mewajibkan pemiliknya memiliki beberapa kendaraan beroda empat untuk dipakai oleh pelanggan. Dengan kata lain , bila tidak memiliki kendaraan beroda empat , maka mustahil untuk menjalankan sebuah urusan ekonomi rental mobil. Itulah yang selama ini dipikirkan oleh kebanyakan orang. Tampaknya , hal ini tidak sepenuhnya berlaku bagi Eko Sulityo.


Eko berhasil membangun usaha rental kendaraan beroda empat meskipun pada awalnya dia sama sekali tidak memiliki mobil. Rizky Rent Car , nama perusahaan Eko , dimulai dari nol alias betul-betul tanpa modal utama , yaitu mobil. Lalu , bagaimana Eko menjalankan usaha rental kendaraan beroda empat tanpa memiliki mobil? Mari simak artikel ini!


Nekat

Inilah modal utama dari seorang Eko Sulityo , yaitu nekat. Kenekatan dari Eko inilah yang menuntunnya menuju kesuksesan. Tanpa modal sepeserpun , Eko membangun usaha rental mobilnya. Eko hanya mencetak sebuah kartu nama dan brosur pada awal mendirikan usaha rental mobil. Setelah menerima order , barulah Eko berusaha mencari kendaraan beroda empat yang diminta oleh pelanggan.

Sebagai orang yang ingin meraih kesuksesan , Anda juga harus berani mengambil keputusan yang di luar biasanya. Namun , tetap saja rasa nekat tersebut harus mampu diukur dengan logika. Terlebih lagi , jangan hingga Anda mengambil keputusan yang merugikan orang lain. Contohnya saja , Anda nekat pinjam uang dari bank dengan menyampaikan jaminan rumah orang tua. Ini namanya bukan nekat , tetapi mengorbankan kebebasan milik orang lain.


Berpikir kreatif

Eko sangat kreatif sekali dalam memulai usahanya. Dia mencetak kartu nama serta brosur yang cukup menarik perhatian serta terlihat sangat meyakinkan. Di dalam brosur tersebut Eko memberi nama usaha rental mobilnya , yaitu Rizky Rent Car , beserta nama serta nomor teleponnya. Eko menyebarkan kartu namanya ke siapa pun yang dia anggap sebagai calon potensial untuk usaha rentalnya.

Untuk kendaraan beroda empat yang disewakan , Eko meminjam kendaraan beroda empat tersebut dari rekan-rekannya. Makara dia tidak perlu mengeluarkan modal lebih untuk membeli mobil. Makara , bagi orang yang berkata bahwa berbisnis harus mempunyai modal besar hanyalah orang yang malas berusaha. Eko telah menandakan bahwa berbisnis cukup berpikir secara kreatif saja dan memanfaatkan apapun yang Anda miliki.


Percaya diri

Dalam menyebarkan kartu nama serta brosur miliknya , Eko memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi. Dengan yakin dia menyampaikan usaha Rizky rent Car pada calon-calon pelanggan potensialnya. Tidak hanya itu , Eko sering berpura-pura bertanya pada orang disekitar perihal Rizky Rent Car. Hal ini untuk membangun sebuah brand awareness biar orang-orang sadar bahwa terdapat perusahaan rental berjulukan Rizky Rent Car.


Pintar promosi

Agar perusahaan rentalnya semakin diminati orang , Eko tidak pernah lelah dalam melaksanakan promosi. Berbagai cara promosi gratis ditemukan oleh Eko. Contohnya saja , ketika sedang di mall , Eko berpura-pura ke resepsionis untuk mencari teman-temannya. Resepsionis mall ini akan memanggil teman-teman dari Rizky Rent Car melalui audio , sehingga nama usaha Rizky Rent Car akan terdengar oleh orang-orang diseluruh mall.

Selain itu , Eko juga mempromosikan Rizky Rent Car melalui social media. Media sosial cukup memiliki pengaruh besar dalam promosi perusahaan. Tidak hanya itu , Eko rajin menyebarkan brosur serta kartu nama dimana-mana. Eko juga meminta tolong untuk menyebarkan usaha rental mobilnya dari ekspresi ke mulut. Masih banyak cara lain yang dilakukan oleh Eko untuk mempromosikaan usahanya.


Sebuah usaha mampu menjadi tidak laku bila tidak ada promosi atau pemberitahuan mengenai usaha tersebut. Oleh alasannya ialah itu , selalu promosikan usaha anda tana mengenal lelah. Carilah cara-cara unik namun efektif mirip yang telah dilakukan oleh Eko. Promosi merupakan acara yang cukup penting dalam sebuah usaha. Tidak perlu budget yang besar untuk promosi , yang terpenting ialah masa yang Anda capai harus luas dengan promosi.


Manfaatkan hubungan yang dimiliki

Seperti yang telah Anda ketahui , Eko tidak memiliki satu kendaraan beroda empat pun dalam memulai usahanya. Mobil yang digunakan untuk usaha rental Eko dapatkan dari teman-teman kuliahnya yang mempunyai mobil. Eko berusaha merayu teman-temannya untuk meminjamkan kendaraan beroda empat miliknya. Tentu saja Eko membuatkan hasil dengan teman-temannya. Eko hanya mengambil komisi sebesar 30 persen saja dari total bayaran yang dia terima.

Jika kendaraan beroda empat teman-temannya sedang tidak mampu digunakan atau bahkan sudah laku disewa orang lain , Eko bahkan bertanya dosen yang mengajar untuk meminjamkan kendaraan beroda empat mereka. Tidak hanya itu saja , terkadang Eko meminta tolong dengan kendaraan beroda empat orang tua sahabat ataupun kerabatnya. Intinya , siapapun yang memiliki kendaraan beroda empat Eko dekati biar mau menyewakan kendaraan beroda empat mereka.

Relasi merupakan elemen yang penting dalam sebuah bisnis. Modal dalam berbisnis tidak hanya berupa uang , tetapi juga hubungan dan koneksi yang kita miliki. Manfaatkan hubungan yang Anda miliki dengan baik. Tetapi , jangan hanya dimanfaatkan saja , tentu lama-kelamaan hubungan Anda menjadi tidak baik. Anda harus menyampaikan imbalan yang setimpal atas bantuan yang telah mereka berikan.


Jangan ada rasa malu

Rasa aib merupakan salah satu penyebab kegagalan dalam berbisnis. Tidak jarang orang yang aib dalam mempromosikan bisnisnya , ataupun meminta bantuan untuk menjalankan sebuah bisnis. Rasa aib ini hanya menghambat Anda untuk mengembangkan urusan ekonomi yang sedang digeluti.

Eko membuang rasa aib miliknya dan tidak aib untuk meminta bantuan ke mana-mana. Bayangkan saja , bahkan dosen pun diajak bekerja sama oleh Eko. Tetapi , tidak memiliki rasa aib bukan berarti memalukan. Jangan hingga Anda membuang harga diri Anda mirip memohon hingga bertekuk lutut atau melaksanakan hal-hal yang tidak umum.


Mau berusaha

Ini ialah sebuah sifat yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha. Jika tidak mau berusaha , bagaimana Anda mampu memperjuangkan urusan ekonomi yang anda miliki sekarang ini? Hal ini juga telah dilakukan oleh Eko. Lihat saja perjuangannya dalam merintis usaha rental mobilnya dari awal. Bagaimana Eko berusaha mencari mobil-mobil untuk disewakan serta promosi yang harus dia lakukan untuk usaha rentalnya.

Rizky Rent Car telah memiliki puluhan armada kendaraan beroda empat di usaha rentalnya. Jumlah ini tidak berhenti , malah semakin bertambah. Semakin banyak pelanggan yang telah berlangganan dengan Rizky Rent Car. Eko telah mematahkan semua keyakinan orang yang berpikir bahwa berbisnis harus memiliki modal. Eko telah menandakan bahwa bisnisnya sekarang mampu sukses tanpa modal sepeserpun.