7 Cara Melihat Peluang yang Dapat Tingkatkan Performa Bisnis

Gremi Online | Cara menerima sebuah peluang merupakan sebuah pertanyaan yang sering diutarakan oleh para calon pengusaha. Satu hal yang pasti , tidak mungkin Anda bisa menunggu peluang. Peluang tidak akan datang menghampiri dengan sendirinya jikalau Anda hanya duduk-duduk memandang ke arah langit atau melamun. Peluang hanya akan datang pada orang-orang yang berpikir serta berusaha mencari peluang tersebut.

Untuk menerima peluang , Anda bisa memulai dengan membuka pikiran terhadap hal baru. Hal ini mungkin tidak dapat dijelaskan dengan perkataan , karena harus mencoba melaksanakan ini dengan pikiran Anda sendiri. Jangan terperangkap dengan anutan Anda sendiri.


Banyak hal didunia ini yang jauh lebih ahli maupun jauh lebih buruk daripada yang Anda bayangkan. Peluang terletak diluar pikiran Anda , jadi ikutlah menjelajah di luar pikiran untuk meraihnya.

Ada banyak faktor yang menimbulkan orang tidak bisa melihat sebuah peluang. Sering kali orang berpikir , hal ini mustahil untuk dilakukan. Padahal , mereka bahkan belum mencoba untuk melakukannya. Bagaimana mengetahui hal tersebut mustahil atau tidak mungkin dilakukan jikalau tidak dicoba terlebih dahulu? Artikel ini akan mencoba membuka pikiran Anda untuk menerima peluang.


Perhatikan keadaan di sekitar

Salah satu mencari peluang yaitu dengan berjalan-jalan. Ketika berjalan , jangan berpikir kosong serta berjalan lurus begitu saja. Hal ini hanya membuang waktu dan tidak akan menerima peluang dengan cara ini. Cobalah lihat keadaan di sekitar , dan coba buka pikiran Anda terhadap hal-hal baru. Peluang sebetulnya terletak dimanapun Anda melangkah. Anda hanya perlu sedikit usaha ekstra untuk dapat melihat peluang tersebut.

Anda akan mendapat banyak berita penting hanya dengan duduk , melihat , dan mengawasi. Contohnya saja , jikalau Anda tertarik dengan restoran , Anda bisa duduk disebuah restoran yang terkemuka pada ketika jam makan siang. Restoran tersebut tentu akan ramai didatangi orang.

Dari sini , cobalah amati bagaimana cara pelayan melayani pelanggan , serta apa yang biasa pelanggan lakukan di dalam restoran tersebut. Carilah celah dimana restoran tersebut masih belum bisa memenuhi kebutuhan tersembunyi dari pelanggan. Kemudian , tanyakan pada diri Anda sendiri bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan tersembunyi tersebut.


Terdesak dengan kebutuhan

Kekuatan terdesak mungkin yaitu kekuatan terbesar yang dimiliki oleh manusia. Jika sudah terdesak , apapun akan dilakukan supaya mereka selamat. Bayangkan jikalau Anda dipecat dari perusahaan daerah Anda bekerja , lalu masih terdapat istri serta anak yang perlu dibiayai untuk hidup.

Tentu Anda akan mencari apapun cara supaya bisa memenuhi kebutuhan mereka , contohnya dengan kerja serabutan atau memulai berjualan barang seadanya. Hal ini dilakukan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan personal yang tidak dapat ditunda lagi.

Dari kekuatan terdesak inilah , terkadang Anda bisa menjumpai sebuah peluang. Tetapi , tentu peluang yang diambil tidak boleh melanggar aturan yang ada. Jangan hingga menjual obat-obatan terlarang karena sangat membutuhkan uang. Pilihlah peluang yang tidak membahayakan siapapun dan tidak bertentangan dengan hati nurani Anda.

Terkadang , di dalam keadaan terdesak dan memilih untuk mencoba melaksanakan sesuatu , Anda tidak sadar bahwa sebetulnya sudah menjalankan sebuah peluang. Contohnya saja , karena tidak bekerja , Anda mencoba membuat kudapan manis kering dengan aneka bentuk untuk dijual. Sebenarnya , Anda sudah menerima peluang ketika melaksanakan hal ini. Secara perlahan dan tidak disadari , perlahan usaha kudapan manis kering tersebut akan berkembang dan menjadi besar dengan sendirinya.


Baca komentar-komentar dari pelanggan

Peluang juga dapat Anda dapatkan dengan bantuan orang lain. Kaprikornus , tidak harus berpikir keras sendiri. Bagi yang telah memiliki urusan ekonomi , coba taruh kotak komentar atau saran di bersahabat resepsionis atau dimanapun yang dapat dilihat pelanggan. Pelanggan bisa menuliskan keluhan-keluhan mereka serta apa yang mereka harapkan lebih dari usaha Anda. Diantara banyaknya pelanggan yang mengisi kotak tersebut , pasti terdapat sebuah inspirasi brilian yang bisa diperoleh.


Minta saran dari pegawai Anda
Selain dari pelanggan , terkadang pegawai juga bisa memikirkan inspirasi yang brilian. Hal ini disebabkan karena pegawai tersebut berhadapan eksklusif dengan pelanggan. Dengan mendengarkan saran-saran serta pendapat pegawai tersebut , Anda mungkin bisa menerima sebuah peluang baru. Adakan rapat rutin satu bulan sekali untuk mengumpulkan pendapat dari para pegawai. Agar pegawai bersemangat , berikanlah imbalan mirip bonus setiap mereka menemukan inspirasi rupawan yang bisa diterapkan di perusahaan.


Sebagai seorang pengusaha yang baik , Anda harus bisa menghargai pegawai. Jika pegawai merasa dihargai , mereka akan memiliki loyalitas lebih terhadap perusahaan Anda. Hargailah setiap usaha serta pendapat mereka meskipun kedengarannya mustahil atau bodoh. Sekali meremehkan pegawai , maka kecil kemungkinan pegawai akan menyumbangkan bunyi atau idenya lagi untuk perusahaan.


Renungkan dan pikirkanlah performa urusan ekonomi Anda

Berpikir terkadang merupakan jalan yang terbaik. Diri Anda sendirilah yang akan berjuang serta berusaha dalam usaha tersebut. Coba sisihkan waktu untuk sekedar merenungkan hal-hal apa yang Anda bisa lakukan serta apa yang dimiliki untuk memulai sebuah bisnis. Bagi yang sudah berbisnis , renungkan apa saja yang masih kurang dalam urusan ekonomi Anda , dan hal apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan atau menghilangkan kekurangan tersebut.


Pelajari kompetitor Anda
Terkadang , peluang bisa didapatkan melalui kompetitor terbesar. Coba amati acara yang telah dilakukan oleh kompetitor selama ini. Anda bisa menerima berita lebih dengan cara berpura-pura menjadi pelanggan baru ditempat kompetitor. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan meminta pendapat dari para pelanggan yang sering menggunakan atau memakai jasa kompetitor Anda.

Melalui survey atau berita yang Anda miliki , pelajari apa kekurangan kompetitor. Lalu , jadikan itu sebuah kelebihan di dalam usaha Anda. Kaprikornus , pelanggan akan melihat kualitas yang lebih dari perusahaan Anda dibandingkan dengan kompetitor. Ambillah sebuah peluang baru dari kelemahan kompetitor. Hal ini sangat umum dilakukan dalam urusan ekonomi pada umumnya.


Ketahuilah tren yang sudah ada

Terkadang , tren juga mensugesti kesuksesan dalam berbisnis. Pahamilah tren yang sedang terjadi di tengah masyarakat sekarang ini. Lalu manfaatkan tren yang sudah ada tersebut. Contohnya saja , sekarang aneka macam orang yang menginginkan hidup sehat tetapi tidak perlu usaha yang keras untuk mendapatkannya. Banyak pebisnis yang menyadari hal ini dengan meluncurkan produk-produk kesehatan yang enak dikonsumsi , contohnya saja juice detox. Kaprikornus , tren yang ada juga bisa menawarkan peluang-peluang baru bagi Anda.

Semakin Anda berusaha untuk mempelajari dunia di sekitar , semakin besar kemungkinan untuk memperoleh sebuah peluang. Mulai ketika ini , coba terapkan tujuh cara yang telah ada di artikel ini. Mulailah mencari peluang , jangan sekedar menunggunya dalam diam. Ayo , bergeraklah sekarang juga! Peluang terdekat mungkin berada sempurna disebelah Anda!