Trik Menata Etalase Toko yang Sering Dilakukan Pemilik Retail

Toko retail atau sering disebut toko eceran adalah tipe pemasaran produk yang meliputi seluruh aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen (pengguna) untuk dimanfaatkan secara pribadi. Toko retail di Indonesia bisa berupa swalayan, toserba dan warung yang termasuk skala kecil.

Nah, berbicara soal retail, apa yang akan Anda lihat ketika masuk kesana? Ya, tidak lain dan tidak bukan yang akan Anda lihat adalah jejeran produk dalam jumlah yang banyak dan berbeda-beda jenisnya. Inilah salah satu bentuk pelayanan toko retail dalam memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang atau produk yang diinginkan.

Namun yang perlu Anda ketahui bahwa ternyata dalam penataan produk pada etalase maupun rak barang, tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada banyak trik yang dilakukan pengelola toko agar memaksimalkan penjualan.

Nah, bagaimana trik menata etalase roko yang sering dilakukan? Berikut ini kami mencoba ulas selengkapnya:

Produk terlihat penuh

Salah satu poin terpenting dalam menata produk pada toko retail adalah dengan memberikan kesan bahwa etalase atau rak terlihat penuh dengan barang. Jadi pastikn Anda harus mengutamakan pengisian pada bagian depan etalase atau rak terlebih dahulu.

Bila stok barang memang sedikit, berarti Anda harus mengoptimalkan produk menutupi lorong-lorong etalasi atau rak untuk memberi kesan penuh. Penataan yang demikian memungkinkan pelanggan lebih merasa banyak pilihan untuk membeli produk. Tentu Anda tidak ingin toko Anda dicap sebagai toko kekurangan modal karena terkesan penataan produk yang kurang penuh.

Kebersihan wajib dijaga

Penataan penuh saja tidak cukup, pastikan seluruh bagian etalase atau rak terlihat bersih dan rapih. Itulah mengapa untuk toko yang sudah besar memerlukan karyawan dalam jumlah yang banyak, salah satunya adalah untuk menjaga kebersihan sekitar etalase. Kotoran seperti debu memungkinkan konsumen menjadi malas untuk mengambil karena kotor.

Penataan produk harus sesuai kategori

Untuk hal ini kami kira Anda sudah cukup paham. Anda harus meletakan produk shampo bersama dengan berbeda-beda merek, kemudian disamping ada produk sabun, pasta gigi dan sebagainya. Penataan semacam ini membuat para konsumen tidak kesulitan untuk memilih mana merek yang bagus untuk satu kategori yang sama. Tentu Anda dilarang meletakan makanan ringan berbarengan dengan minyak wangi atau sabun.

Penataan berdasarkan besarnya kemasan

Jangan salah, ukuran dari kemasan produk tentunya harus ditata lebih sesuai dan ideal. Beberapa toko retail yang sudah terkenal sering kali meletakan kemasan besar di kanan. Jadi mungkin Anda bisa mengikuti trik semacam ini, yakni meletakkan produk dengan kemasan besar di bagian kanan, kemudian diikuti kemasan lebih kecil disampingnya.

Sebagai contoh ada produk susu merek tertentu dengan kemasan 1000 gram berada sebelah paling kanan kemudian diikuti dengan produk yang sama berbeda kemasan seperti 800 gram dibagian kiri. Alasannya mungkin bisa diterima bisa tidak, yaitu karena kebiasaan manusia yang lebih sering menggunakan tangan kanan, maka dari itulah probabilitas terpilihnya produk yang memiliki kemasan besar diharapkan semakin tinggi. Tidak ada salahnya Anda mencoba trik yang mungkin terdengar ‘aneh’ ini.

Produk paling laris ada dibagian bawah

Apakah Anda pernah menyadari bahwa kebanyakan produk laris ternyata banyak diletakan pada bagian bawah. Apakah maksudnya menyembunyikan? Bukan begitu maksudnya, namun karena produk yang laris akan tetap akan di cari-cari oleh konsumen meskipun berada ditempat tersulit. Konsumen tentu sudah cukup hafal bagaimana bentuk produk tersebut.

 Jadi penempatan di bagian bawah pun tetap tidak begitu masalah dan memungkinkan akan mudah ditemukan. Lalu bagaimana dengan bagian atas? Pemilik toko sering menempatkan produk yang kurang terkenal atau kurang laris untuk menempatkannya di bagian atas, atau sebenarnya yang ideal adalah sejajar dengan mata.

Produk murah dan kecil dibagian kasir

Tempatkan produk implusif pada bagian dekat kasir, ini adalah salah satu trik penataan produk toko retail yang sering dilakukan. Anda dapat menempatkan produk-produk yang memiliki harga murah di sekitar kasir, sebagai contohnya adalah permen, rokok, coklat, dan lain sebagainya.

Tentu masih banyak trik penataan produk pada toko retail, namun beberapa diatas adalah trik yang cukup populer dijalankan dan hasilnya cukup efektif.