Mulutmu Harimau Mu : Pilihan Kata yang Membuat Pelanggan Bahagia

Gremi Online |
Ada ungkapan “Mulutmu yaitu Harimaumu”. Ungkapan kalimat itu bermakna biar selalu menjaga mulut. Sebenarnya bukan verbal sih tepatnya , namun kata-kata yang dirangkai menjadi kalimat yang keluar dari verbal kamu. Well , ketika kita berda dalam industri urusan ekonomi dan menjadi front liner , otomatis pilihan kata akan sangat kita perhatikan untuk apa dan untuk siapa? Tentunya untuk keseimbangan urusan ekonomi kita sebab kita bertemu dengan klien setiap hari. Lalu , apa saja pilihan kata yang sempurna untuk digunakan dalam memanjakan para pelanggan? Nah , artikel kali ini akan membahas wacana frasa apa saja yang kau butuhkan ketika bertemu dengan klien atau pelanggan:

Image Credit

“Ada yang mampu saya bantu?”

Kesempatan awal yang diinginkan oleh pelanggan yaitu menjelaskan secara rinci apa yang ia butuhkan pada ketika itu. Nah , ini akan menjadi kesempatan kau untuk dapat membantu apa yang dia butuhkan. Karena kalimatmu “membantu” bukan “menjual” , ini akan mengundang stigma kasatmata pagi si pelanggan. 


Saya mampu menyelesaikan persoalan tersebut...”

Kebanyakan dari pelanggan akan sangat terbantu dan terkesima apabila kau sebagai customer service dapat eksklusif menunjukkan solusi dari permasalahan yang pelanggan hadapi. Di sini kau dituntut bersikap cekatan dan berpikiran cerdas dan menguasai topik. 


“Maaf pak , saya kurang paham , tapi akan saya pelajari lebih dulu , mohon untuk berkenan menunggu” 

Kadang terlihat kolot itu ada gunanya , jujurlah saja ketika kau menemui permasalahan yang sulit. Mungkin integritas kau akan turun , namun pelanggan akan lebih suka orang yang jujur dan terlihat usahanya untuk mencari solusi dari pada customer service yang sotoy


“Saya akan bertanggung jawab” 

Ketika kau berbisnis dengan klien lain , dan menemui permasalahan entah itu produk atau kesepakatan harga , beritahu pelanggan kau bahwa ini yaitu tanggung jawab kamu. Hal ini akan membuat pelanggan kau lega dan tidak pindah ke lain hati. Diskusikan hal ini dengan bos kau segera dan ambil keputusan secepat mungkin supaya pelanggan tidak kecewa. 


“ Saya akan memberitahukan jadinya segera...” 

Jika kau berada dalam urusan ekonomi yang “sell and carry” suatu urusan ekonomi yang membutuhkan beberapa waktu untuk fix all that material , maka memberitahukan pelanggan kau wacana rentang waktu yaitu hal yang baik untuk urusan ekonomi kamu. Hal ini menjaga pelanggan kau untuk tetap percaya terhadap urusan ekonomi kamu. Misalnya kau urusan ekonomi properti mirip negosiasi harga dengan pemilik lama atau membutuhkan waktu sedikit lama dalam desain rumah. 


“Saya akan sempurna waktu...”

Kalimat ini menunjukkan bahwa kau akan sempurna waktu terhadap kesepakatan atau rule yang sudah disepakati bersama. Janji tetaplah kesepakatan , jikalau kau tidak tepati , bersiaplah kehilangan tidak hanya satu klien di masa depan!


“Pesanan Anda akan sesuai dengan cita-cita Anda” 

Pelanggan menginginkan apa yang benar-benar mereka inginkan , mirip desain rumah atau modifikasi berlian. Maka , membuatnya persis mirip apa yang mereka mau yaitu jalan terbaik untuk urusan ekonomi tetap kamu. Sekarang sudah jamannya “mass customization” jikalau kau tidak mampu menuruti apa cita-cita customermu , so you will die ! 


“ Pekerjaan Anda akan selesai” 

Jangan pernah bilang ke klien kau bahwa hal ini membutuhkan waktu sedikit lagi. Jangan biarkan pelangganmu menunggu. Lebih baik kau eksklusif sepakti waktu yang kau mampu tepati , misalnya barang akan jadi dalam 3 hari , katakanlah seminggu kepada klien dan antartkan sempurna 3 hari setelah barang jadi. So Surprizeeee !!!!