Membuat Segmentasi Pelanggan

Gremi Online |
Suksesnya penjualan produk urusan ekonomi tidak hanya ditentukan pada kualitas produk itu sendiri , namun banyak faktor menentukan mirip pemilihan segmen pelanggan. Apa segmen pelanggan itu? Segmentasi pelanggan merupakan taktik marketing untuk membagi pelanggan pada kotak-kotak tertentu melalui sebuah ukuran yang telah ditentukan. 

Image Credit
Akan ada banyak segmen pelanggan di dunia ini namun yang benar cocok dengan produk Anda itulah yang harus difokuskan. Artikel kali ini akan membahas ihwal bagaimana cara mengelompokkan atau membuat segemnetasi pelanggan:


Pendapatan 

Buatlah daftar pelanggan Anda terlebih dahulu , terutama daftar pendapatan setiap pelanggan. Mungkin Anda akan kesulitan bila memang pelanggan Anda sudah banyak , Anda mungkin harus membeli sofware tertentu untuk merekap semua data pelanggan Anda. Setelah membuat daftar pendapatan pelanggan lalu pilihlah pelanggan mana saja yang cocok dengan produk yang mau Anda tawarkan misalnya cover super. Produk ini cocok untuk pelanggan dengan pendapatan satu juta ke atas maka pelanggan yang memiliki pendapatan diatas satu juta ialah segmentasi pasar Anda. 


Segmentasi berdasarkan karakteristik dasar pelanggan 

Langkah selanjutnya ialah membuat segemnetasi pelangggan dengan membagi pelanggan Anda menurut ukuran dasar mirip umur , lokasi , jenis kelamin , dan tingkat pendidikan. Misalnya cover super segmentasi untuk umur 15-45 tahun , lokasi di Jateng dan DIY , semua jenis kelamin , tingkat pendidikan SMP-Profesor. 


Bagilah berdasarkan kelompok demografik

Jika berdasarkan karakteristik dasar pelanggan ialah hal yang terlalu luas , buatlah pembagian berdasarkan demografisnya , mirip membagi pelanggan secara lebih  spesifik , misalnya umur 15-45 tahun Anda hanya membidik sasaran umur 20-30 tahun , sehingga media iklan dan alat pemasaran lainnya akan mudah untuk diterapkan. 


Segmentasi berdasarkan lokasi 

Setelah menganalisis lokasi pelanggan , buatlah ukuran yang lebih spesifik apakah produk Anda ini aakan dipasarkan ke pelosok nusantara atau hanya ke sebagian kota dengan distrik-distrik tertentu. Misalnya Jika Jogja menjadi sasarannya maka mau dipassarkan kemana saja? Hanya Kabupaten Sleman atau seluruh kabupaten di Jogja. 


Segmengtasi berdasarkan psikologis

Langkah selanjutnya ialah membaagi konsumen berdasarkan ukuraan psikologis mirip kelas sosial , gaya hidup , dan kepribadiannya. 


History Product 

Inilah pentingnya menggunakan membercard pada urusan ekonomi retail sebenarnya , dengan membercard Anda otomatis memiliki database penjualan produk  apa saja yang pelangga beli secara rutin. Dengan begitu , kelompokkanlah pelanggan ini berdasarkan purchase intention product yang sering dia beli.


Segmentasi perilaku konsumen 

Hal ini tidak hanya  berdasarkan standar hidup si pelanggan , namun juga berdarsarkan preferensi membeli produk dan animo pembelian. 


Segementasi berdasarkan kebermanfaatan produk 

Langkah selanjutnya ialah membagi pelanggan berdasarkan manfaat dari produk yang Anda tawarkan. Semakin banyak manfaat produk yang Anda tawarkan pada konsumen , maka semakin luas pelanggan yang akan menjadi segmentasi dari produk Anda. 


Pilihlah satu segmen saja

Fokus itu penting! Setelah Anda membuat pengelompokkan segmen berdasarkan ukuran-ukuran tertentu. Pilihlah segmen mana yang akan Anda fokuskan untuk menjual produk Anda. Hal ini terkait dengan taktik marketing selanjutnya mirip membuat target dan positioning produk ke pelanggan. 


Memilih segmentasi yang benar-benar berharga untuk pasar Anda

Tidak ingin kan , taktik pemasaran Anda sia-sia atau salah sasaran alasannya ialah ternyata segmen yang Anda pilih merupakan segmen dengaan nilai paling rendah keuntungannya? Oleh alasannya ialah itu , pilihlah segemen yang benar-benar menguntungkan untuk urusan ekonomi Anda. 


10 Tips di atas merupakan cara untuk mempermudah Anda dalam membuat segmentasi produk. Semoga bermanfaat!