8 Cara Mendesain Taman di Dalam Hotel

Gremi Online |
Anda ingin mengkreasikan hotel dengan tanaman hijau untuk memberi kesan yang lebih alami dan menyejukkan mata selain untuk mengundang para tamu supaya singgah. Berikut ini ada beberapa cara yang harus diperhatikan sebelum membuat tanaman di dalam ruangan.


Putuskan gaya taman yang diinginkan

Saat Anda memutuskan untuk merubah suasana hotel supaya lebih menarik , maka dengan memilih konsep dengan taman di dalam ruangan hotel merupakan alternatif yang sangat baik. Taman di dalam hotel mudah untuk diterapkan , apalagi yang sesuai untuk kebutuhan komersil , sehingga meningkatkan penjualan penyewaan kamar. Terobosan baru hotel Anda untuk memberi nuansa alam akan semakin membuat pelanggan dan para tamu betah berlama-lama menginap di hotel Anda.

Ada 2 tipe taman dalam ruangan yang mampu Anda pilih. Penggunaan hidroponik dan tanah yang subur sebagai medianya merupakan salah satu tipenya. Hidroponik dengan menggunakan air yang sehat dan kaya oksigen (kadangkala ditambahkan ikan di dalamnya) , tidak menggunakan tanah sebagai media dan biasanya tumbuh memanjang. Sedangkan yang menggunakan tanah subur sebagai media diperuntukkan bagi mereka yang ingin merancang kembali tanaman secara bersiklus serta rajin memindahkannya ke luar untuk mendapat sinar matahari.

Sebenarnya , tanaman ini mampu dikembangkan untuk banyak tanaman dalam banyak sekali tipe. Hidroponik sangat cocok di dalam ruangan yang tidak terlalu besar , namun ingin menyebarkan banyak jenis tanaman yang biasanya untuk tanaman sayur. Selama mampu memberi cadangan oksigen dengan hijaunya tanaman , tidak duduk perkara apapun jenisnya.


Pilih kawasan yang pas

Setelah memutuskan model mirip apa yang ingin Anda aplikasikan , langkah selanjutnya yaitu dengan memilih lokasi mana yang mampu dipakai dengan tidak mengganggu wilayah sekitarnya. Pilihlah ruangan dalam hotel yang memiliki banyak kanal untuk mendapatkan cahaya matahari. Akan lebih bagus lagi bila menghadap ke jendela. Atau mampu juga anda membuat desain ruangan sendiri yang akan ditempati tanaman tersebut.

Caranya mampu dengan membuat jendela di atasnya pada ruang tengah atau pemakaian ruangan terbuka yang dilapisi jendela kaca. Hindarkan dari kawasan yang terlalu masbodoh , alasannya yaitu itu hanya akan membuat tanaman tidak tumbuh dengan baik , hindari pula penempatan pada ruangan yang banyak tertiup angin dan didekat kipas angin. Itu hanya akan mempercepat simpulan hidup tanaman yang Anda rawat.


Selalu kontrol

Tanaman yang sudah ditanam menjadi tanggung jawab Anda selaku pengelola hotel. Perintahkan karyawan untuk secara rutin mengontrol tanaman yang ada di dalam. Yang terpenting dalam perawatan tanaman dalam ruangan yaitu kesanggupan untuk selalu mengecek bagaimana perkembangan tanaman yang dirawat.

Ada 3 hal yang harus selalu diingat dalam proses pemantauan , temperatur udara , frekuensi air , dan keadaan tanah. Cobalah menggunakan tatakan pot. Tujuannya yaitu mengontrol panasnya tanaman antara 75-85 derajat F. Tentunya Anda tidak ingin hotel menjadi panas balasan adanya tanaman. Maka dari itu , untuk mengatur panas , pakailah tatakan tanah ini.

Pencahayaan juga merupakan elemen  penting untuk tanaman. Jangan lupa untuk selalu meletakkannya akrab dengan cahaya matahari. Selain itu , mampu juga dibantu dengan pencahayaan yang redup pada tanaman. Selain menghemat biaya , juga memberi hasil yang baik untuk tanaman Anda.


Pilih tanaman

Sama mirip taman yang ada di luar rumah , ada banyak jenis tanaman yang mampu ditanam di dalam ruangan atau di dalam hotel termasuk sayuran , buah berry , bunga dan tanaman hijau untuk dekorasi. Sebelum Anda membeli banyak tanaman di toko , seharusnya Anda putuskan terlebih dahulu tanaman mana yang hendak dipakai untuk hotel , yang nantinya mampu berkembang dengan baik.

Ada beberapa tanaman hias yang memang dikhususkan diletakkan di dalam rumah , sebagian lagi hanya mampu ditanam di luar rumah. Di antara tanaman yang akan tumbuh di dalam ruangan yaitu sayur-sayuran , tomat , wortel , biji-bijian , dan jamur. Untuk buah-buahan biasanya buah berry dan anggur. Selain itu , bunga lili , begonia , bunga lembayung juga mampu dilestarikan di dalam ruangan.


Pemilihan pot

Langkah selanjutnya yang mampu Anda lakukan yaitu memilih pot atau wadah. Karena ingin menenamnya di dalam ruangan , Anda memiliki banyak pilihan susunan rak atau pot yang mampu dipakai. Bisa memilih bentuk yang biasa dan tradisional ,  atau dengan kretifitas sendiri membuat alternatif pot lain yang lebih menarik. Bisa juga membeli pot yang sudah disusun sedemikian rupa sampai menjadi pot atau wadah tanaman yang unik dan menarik untuk dilihat.

Pot plastik biasa fungsinya  untuk menahan kelembaban lebih bagus , namun pot tera-cota menjadi pilihan yang pas bila dibanding plastik biasa. Anda mampu mencoba kreasi lain yang lebih atraktif dengan mendaur ulang botol kopi yang telah digunakan. Selain nampak unik , Anda juga menciptakan produk yang ramah lingkungan.

Tambahkan pula batu-batu di bawah pot untuk memberi jalan pembuangan air. Jika inovasi pot Anda dari kayu , maka cobalah cari bahan pot dari kayu yang tahan air dan tidak menembus. Pastikan bahwa Anda tidak memakai kaleng bekas bahan kimia untuk dijadikan pot , alasannya yaitu hanya akan membunuh tanaman Anda.


Kombinasi

Anda mampu mengkreasikan tanah yang akan dipakai menanam tumbuhan di dalam ruangan dengan tanah biasa , kompos dan pengemulsi. Namun , Anda jangan menggunakan tanah yang ada di luar tanaman liar , alasannya yaitu biasanya tanah tersebut mengandung sedikit zat hara. Banyak serangga dan bakteri yang nantinya mampu mematikan tanaman dalam ruang Anda.

Dengan membuat campuran tanah sendiri , Anda mampu menghemat biaya , dan tentunya lebih terjamin. Jika ingin tanah yang Anda buat semakin subur , tambahkan pula cacing untuk membantu menyuburkan tanah buatan Anda dan tanaman kelak.


Susun taman

Jika sudah mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk menanam tanaman di dalam hotel , yang harus dilakukan selanjutnya yaitu menyusun pot-pot yang sudah berisikan tanaman yang Anda inginkan. Sebenarnya , penyusunan mampu dilakukan dengan banyak sekali cara , namun akan lebih baik bila disusun berdasarkan warna pot , alasannya yaitu akan berpengaruh pada penerimaan cahaya.

Pencahayaan akan lebih mengena pada pot yang berwarna terperinci , dan merambat pada warna yang redup. Penyusunan mampu dengan membuat barisan bertingkat sehingga semua tanaman mendapatkan porsi yang sama dalam pencahayaan dan banyak sekali kebutuhan lain.


Pemeliharaan

Proses pembuatan taman di dalam ruangan tidak berhenti pada proses penyusunan saja , namun lebih kepada pemeliharaan tanaman itu. Selalu perhatikan pencahayaan dan air untuk tanaman. Selalu hadapkan pada sinar matahari setiap pagi untuk membantu proses fotosintesis. Jika sudah tumbuh dan berkembang , jangan lupa untuk menggandakannya supaya tanaman menjadi semakin banyak.

Pemeliharaan tanaman di dalam ruangan memberi banyak keuntungan bagi kita. Selain kebutuhan akan oksigen bertambah , suasana hijau yang terbentuk akan menimbulkan hotel sejuk dan memberi kesan alami pada para tamu. Jika tamu nyaman dan betah berada di hotel , maka keuntungan finansial pun akan didapatkan dengan mudah.